RSS

Ibn, Ifa dan Ican ke Science Film Festival

23 Nov

Dalam rangka survey Science Film Festival untuk teman-teman kelas 1B SDN Pondok Labu 11 RSBI, maka sepulang sekolah Ibn, Ifa dan Ican berangkat ke Universitas Paramadina yang merupakan salah satu pendukung acara tersebut. Mereka hadir pada sesi kedua yaitu sesi pukul 12:00-14:00 yang pada hari selasa 22 November 2011 menayangkan film-film yang berjudul “The Forest I – Realm of Shadows”, “7 wonders”, dan “Nine and a Half: Bees in Danger”. Sebenarnya film-film yang diputar pukul 12:00 rata-rata diperuntukan untuk 12+ (12 tahun keatas) sedangkan film-film 12- diputar pukul 10:00. Tetapi karena jam 10:00 masih jam sekolah pagi dan acara ini dalam rangka survey maka Ibn, Ifa dan Ican tetap pergi untuk menonton.
Film pertama yang diputar adalah film “The Forest I – Realm of Shadows” dengan gambar yang sangat bagus dan indah bercerita tentang keluarga lebah, tikus, dan rubah yang hamil, melahirkan hingga anak-anaknya besar. Juga diceritakan dengan indah dan memukau seperti melihat dalam alam aslinya tentang kehidupan tumbuhan dan binatang di hutan ketika salju mulai mencair. bunga-bunga bermekaran, rusa-rusa mencari makan. Walau dikemas begitu indah, tetapi mungkin karena alurnya terlalu monoton sehingga membuat Ifa mengantuk. Dalam film tersebut diceritakan pula bagaimana seekor lebah hutan yang masuk ke dalam sarang tikus di dalam tanah dan berhasil mengusir tikus yang sedang hamil pergi dari sarangnya dan sang lebahpun membuat koloni disarang tikus. Walaupun filmnya yang termasuk kategori semua umur (umur 12 – dan 12+) tetapi Ifa dan Ican berhasil menjawab kuis yang diadakan setelah film diputar dan mendapatkan hadiah kaos.
IcanIfaIcan dan Ifa
Film kedua yang diputar adalah film “7 wonders” sangat menarik bagi anak-anak karena dilengkapi dengan animasi dan dibawakan seorang kakak dan boneka besar hidup yang lucu. Mereka berdua adalah kapten kapal luar angkasa yang berkeliling bumi untuk mencari hal-hal yang menarik. Sang kakak kapten kapal mendapat tantangan dari boneka besar hidup yang lucu untuk terbang bersama karpet terbang yang mana karpet tersebut tidak boelh menggunakan mesin untuk terbang. Sang kakak kapten menerima tantangan tersebut dan meminta teman-teman di bumi untuk bereksperimen sampai berhasil. Sambil menunggu tim bumi mengerjakan proyek karpet terbang, kedua kapten berkeliling bumi, pendaratan pertama mereka pergi ke Islandia untuk melihat sumber air panas disana yang bisa menyembur keluar. bahkan sempat memasak telur hingga matang. Kemudian mereka mencari tahu cara kerja mesin pencuci piring. Dan yang paling asyik adalah berbagi resep bagaimana membuat gelembung sabun yang besar dan tahan lama.
Setelah film “7 wonders” dilanjutkan dengan percobaan sains yang asyik dan menarik. Dijelaskan bagaimana sebuah wadah plastik bertutup berlubang-lubang ketika wadah tersebut diisi air lalu wadah dibalik, air tidak tumpah.

Air tidak tumpahPercobaan sains
Didemonstrasikan juga bagaimana membuat penjepit kertas dapat mengambang di air dan tidak tenggelam dalam waktu tertentu.

Ibn mendapat hadiah pin, bolpen, dan notes atas partisipasinya dalam percobaan tersebut bersama teman-teman.
Ibn, Ifa dan Ican setelah pergi ke Science Film Festival menjadi makin tertarik akan science dan bersemangat untuk pergi bersama teman-teman selasa minggu depan.

 
Leave a comment

Posted by on November 23, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: