RSS

Mobil Bertenaga Air

25 Nov

Science Film Festival menyuguhkan banyak film-film pendek tentang science yang membuat anak-anak menyenangi sains. Film-film pendek yang rata-rata berdurasi kurang dari tiga puluh menit tersebut dikemas dengan menarik dan efektif sehingga membuat anak-anak lebih mengerti tentang sains. ada 4 film yang ditonton hari ini, yaitu I Got It ! Volcano, Mouse Tv – Fuel Cell, No Corals, No Maldives, dan Pur+: Enter the Storm.

I Got It! Volcano
Seorang kakak mengajak kita untuk berkunjung ke kaki Gunung Merapi yang hancur karena ledakan dasyatnya. Di salah satu desa, Bagas yang rumahnya hancur mengajak penontonton untuk melihat sekolahnya yang sekarang letaknya juah dari rumah dan hanya terbuat dari dinding bambu. Bersama teman-temannya Bagas membuat permainan gunung api meletus dari pasir dan selang air. Selang air dipendam mengahadap ke atas seperti jalur lava dalam gunung api, dalam pasir yang dibentuk menyerupai gunung. Dan gunung api-gunung apian itupun meletus dengan memuntahkan air merah. Bagas dan teman-temannya pun bertepuk dan bersorak girang melihat percobaan sederhana tersebut. Bagas yang tinggal di penampungan menunjukkan letak rumahnya dan letak rumah tetangga-tetangganya di kaki Gunung Merapi yang sekarang sudah tidak tampak lagi, karena tersapu lahar gunung Merapi, hanya hamparan pasir dan tumbuhan kering yang tertinggal. Bagas sedih dan masih sedikit takut, takut kalau Merapi meletus lagi. Tapi Bagas tetap mau kembali dan menjadikan Gunung Merapi sebagai sahabat karena seperti yang dijelaskan kakak yang mengajak kita untuk mengunjungi kaki Gunung Merapi, tanah disana menjadi tanah andosol yang sangat subur. Tanah andosol tersebut berasal dari abu Gunung Merapi. Sehingga bencana Gunung Merapi yang merusakkan banyak desa di kakinya menjadikan tanah di daerah tersebut menjadi sangat subur.

Mouse TV – Fuel Cell
Ketika Christoph mobilnya mogok di tepi sungai karena kehabisan bensin, ia berpikir, bagaimana seandainya mobil dapat berjalan dengan bahan bakar air. Lalu iapun mengadakan percobaan bagaimana air dapat menghasilkan tenaga yang dapat menggerakkan sebuah mobil. Menurut Christoph air terdiri dari dua atom Hidrogen dan satu atom hidrogen. Dan jika atom Hidrogen dipisahkan dari atom oksigen, atom hidrogen tersebut dapat menghasilkan ledakan kecil yang menghasilkan tenaga. Karena gas Hidrogen lebih ringan dari air, maka ia akan bergerak ke permukaan air, maka diadakan percobaan untuk memisahkan gas Hidrogen dari air dan menampung gas tersebut dalam suatu tabung. Setelah berhasil menampung gas Hidrogen ditabung lalu dicobakan sebagai tenaga pengerak mobil-mobilan, dan berhasil. Cristophpun senang. Terlebih lagi gas sisa pembakaran gas Hidrogen di udara jika bertemu dengan oksigen makan akan membentuk uap air. Sehingga dapat dikatakan kendaraan bertenaga Hidrogen adalah tenaga ramah lingkungan. Film ini diproduksi oleh Mouse TV yang merupakan acara televisi Jerman yang mendidik dan ramah pada anak.
Ini adalah video bagaimana cara menangkap gas Hidrogen dari air

No Coral, No Maldives
Maldives yang merupakan pulau karang dan yang penghasilan utamanya berasal dari bisnis pariwisata dan perikanan, saat ini mengalami kerusakan karang yang sangat hebat. Hal tersebut terjadi karena pemanasan global, reklamasi pantai, peledakan karang dan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan. Akibat hal tersebut maka hasil tangkapan ikan berkurang banyak, juga bisnis pariwisata dapat hancur. Oleh karena itu diusahakan untuk menumbuhkan karang-karang baru, dengan melibatkan penduduk setempat dan para wisatawan yang datang berlibur. Jika saja 1% dari 1 juta jumlah wisatawan yang datang setiap tahun, membuat keranda kerumbu karang berukuran 1 meter x ` meter, maka setiap tahun akan tumbuh karang seluas 4 lapangan bola. Hal tersebut dikarenakan terumbu karang yang dapat dibiakkan dengan cara menempelkan patahan karang pada sebuah kerangka besi berbentuk limas akan tumbuh dalam jangka waktu satu tahun. Jika terumbu karang menjadi luas kembali, ikan-ikan yang hidup, berlindung dan berkembang biak di terumbu karang pun dapat bertambah banyak, sehingga mereka dapat bertahan pada pemanasan global juga menambah pendapatan dari bidang perikanan dan pariwisata.

Pur+ : Enter The Storm
Film ini diprosuksi oleh ZDF tivi Germany. Diperlihatkan bagaimana Eric masuk kedalam terowongan angin Stuttgart yang biasa digunakan untuk menguji aerodinamika. Eric dihadapkan pada angin dengan kecepatan 5 km/jam, dan ia hanya merasakan angin sepoi-sepoi seperti yang sering dijumpai di luar ruangan. Kemudian kecepatan angin terus ditambah. Sampai kategori 6 dengan kekuatan 50 km/jam payung yang dibawa Ericpun rusak. Dan akhirnya Eric tidak lagi dapat bertahan ketika ia dihantam angin masuk kategori 12+ yang berkuatan 130 km/jam. Eric yang sudah mengenakan baju pengaman, helm dan tali pengaman terbang tertiup angin.
Diceritakan pula keasyikan Jacob, 11 tahun yang dapat memanfaatkan angin untuk bergerak di atas air. Ia menggunakan selancar layang untuk terbang dan berjumpalitan di udara di atas laut di pantai Rhodes, Yunani. Seru melihat Jacob dapat terbang dan berjumpalitan di udara di atas atas air laut.
Angin adalah hasil dari pergerakan udara. dimana ketika matahari menyinari bumi, permukaan bumi akan menjadi panas dan udarapun bergerak ke atas, sampai atas angin menjadi dingin kembali dan bergerak turun ke bawah menggatikan udara yang tadi bergerak keatas, pergerakan udara itulah yang kita rasakan sebagai angin. Jadi angin adalah udara yang bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah atau dari suhu udara yang rendah ke suhu udara yang tinggi.
salah satu link yang dijumpai di google yang dapat menerangkan dengan jelas tentang angin adalah di http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/Fenomena.Alam/Jenis.Angin/semua.html

Co

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: